PKM - PELATIHAN PERKEMBANGAN BUSINESS RETAIL DENGAN MEMANFAATKAN SOCIAL MEDIA

20 September 2017

Dewasa ini, sosial media menjadi komponen primer bagi kehidupan bermasyarakat, baik dari level keluarga, masyarakat hingga pemangku kekuasaan mengunakan media baru ini secara intens untuk berkomunikasi. Survey yang dilakukan oleh beberapa lembaga menyatakan bahwa penduduk Indonesia menjadi pengguna terbesar dari media sosial, terutama Facebook dan Twitter. Literasi terhadap penggunaan sosial media beserta cara pembuatan konten-nya menjadi keahlian yang sangat penting dimiliki oleh semua orang. Terutama pada bidang pemasaran produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Konten yang lebih banyak di sukai oleh orang-orang adalah konten yang berbentuk gambar, sayangnya tidak semua orang memiliki keahlian memanipulasi gambar, terutama pada masyarakat yang awam tentang teknologi komputer. 
 
Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia melalui Fakultas Teknologi dan Informatika memiliki peran penting untuk membantu masyarakat disekitar kampus dalam memperkenalkan penggunaan sosial media dan pembuatan konten-nya terutama berbentuk gambar yang menarik perhatian sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat berdampak maksimal. Untuk mewujudkan hal diatas Salah satunya terwujud dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknologi informasi dengan judul: Pelatihan Perkembangan business retail dengan memanfaatkan social media.
Kelurahan Sukapura merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Berdasarkan wawancara dengan Lurah Sukapura dan beberapa warga Kelurahan Sukapura, diketahui bahwa penguasaan teknologi informasi warga Kelurahan Sukapura masih rendah.  Untuk itu dipandang perlu memberikan pelatihan perkembangan business retail dengan memanfaatkan social media kususnya bagi konten pemasaran produk UMKM untuk warga Kelurahan Sukapura, sehingga dapat dilaksanakan pelatihan ini dengan harapan warga Kelurahan Sukapura mampu memanfaatkan keahlian ini dalam kehidupan sehari-hari.
 
Pelaksanaan program pelatihan ini akhirnya memilih format pelaksanaan langsung selama 6 jam dalam dua sesi dan satu sesi terakhir pendampingan kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan. Sesuai dengan jadwal yang ditentukan dengan pihak kelurahan Sukapura, kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu 20 September 2017 di Laboratorium Komputer Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia dari jam 08.00 – 15.00 WIB. 
 
Materi yang diberikan untuk pelatihan perkembangan business retail dengan memanfaatkan social media disesuaikan dengan kebutuhan dari para peserta. Sesuai dengan modul pelatihan yang diorganisasikan dimulai dari pembuatan email, pembuatan account facebook/twitter, menulis pesan pertama, pembuatan account Canva, membuat pengumuman kegiatan dengan Canva, menyimpan hasil image manipulasi, mengirimkan pesan digital ke twitter/facebook. Tim tutor yang berjumlah 5 orang, merupakan dosen yang memiliki latar belakang pendidikan Informatika dan Sistem Informasi. Tim tutor merupakan tenaga yang kompeten dan profesional dalam bidang teknologi informasi (IT). Penguasaan terhadap paket program aplikasi merupakan kebutuhan yang utama dalam menjalankan kegiatan pendidikan dan penelitian di Fakultas Teknologi dan Informatika.
 
Target yang ingin dicapai pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain:
1. Peserta adalah warga Kelurahan Sukapura dengan jumlah peserta maksimal 35 orang yang terdiri dari ibu PKK dan pemuda Kelurahan Sukapura.
2. Penyelenggaraan kegiatan pelatihan efektif dan efisien bagi warga Kelurahan Sukapura.
3. Kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan aplikasi Sosial Media dan Canva. 
 
1. Penerapan aplikasi Sosial media (Facebook dan Twitter) dan pembuatan konten digital dengan Canva dalam menunjang berbagai proses dan kegiatan warga Kelurahan Sukapura
2. Pembuatan modul pembelajaran pengenalan sosial media dan Canva.
3. Sertifikat kegiatan bagi peserta pelatihan
4. Kegiatan Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat
5. Publikasi Ilmiah Pengabdian Kepada Masyaraka